The True Love

Ngomong-ngomong tenyang cinta… Cinta itu apa sih? Cinta itu adalah suatu anugrah yang Allah berikan kepada kita. Allah sayang banget ama kita. Allah slalu ngasih yang terbaik buat kita. Allah ga pernah ninggalin kita sedetik pun. Allah-lah satu-satunya yang bisa ngebantuin kita setiap kita butuh, kapan-pun di mana-pun kita berada. Coba bayangin aja gimana kalo Allah punya ‘answering machine?’  Trus pas kita berdoa dan ngedenger ini : “Terima kasih, Anda telah menghubungi Rumah Allah”. Pilihlah salah satu :

.

*Tekan 1 untuk ‘meminta’.

*Tekan 2 untuk ‘mengucap syukur’.

*Tekan 3 untuk ‘mengeluh’.

*Tekan 4 untuk ‘permintaan lainnya’.

.

Atau, bagaimana jika Malaikat memohon maaf seperti ini : ” Saat ini semua malaikat sedang membantu pelanggan lain. Tetaplah menunggu. Panggilan Anda akan dijawab berdasarkan urutan.”

.

Atau bisa juga Anda mendengar ini : “Komputer kami menunjukkan bahwa Anda telah satu kali menelpon hari ini, silakan mencoba kembali esok hari.” “Kantor ini ditutup pada hari minggu. Silakan menelpon kembali hari Senin setelah pukul 9 pagi.”

.

Alhamdulillah, ternyata Allah mengasihi kita, kita bisa menelpon-Nya setiap saat!!! Kita cuma perlu untuk memanggilnya kapan saja dan Dia mendengar kita. Karena kalo manggil Allah, kita ga akan pernah dapet nada sibuk. Allah nerima setiap panggilan dan tau siapa pemanggilnya secara pribadi.

.

Ketika kita memanggil, gunakan nomor utama ini :

2 (shalat Subuh) 4 (shalat Zuhur) 4 (shalat Ashar) 3 (shalat Maghrib) 4 (shalat Isya)

.

Info selengkapnya ada di Buku Telepon berjudul “Al- Qur’an Karim & Hadist Rasul”. Langsung kontak, tanpa Operator tanpa Perantara tanpa biaya. Nomor 24434 ini memiliki jumlah saluran hunting yang tak terbatas dan seluruhnya buka 24 jam sehari 7 hari seminggu 365 hari setahun !!.

.

Keren kan!!! Masih mau bukti kalo Allah itu aayang dan cinta banget ama kita? Baca deh QS 3 : 14-17.

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). Katakanlah: “Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?”. Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (Yaitu) orang-orang yang berdoa: Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka,” (Yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur.”

.

Nah lho! Dengan Allah yang begitu sayang dan mencintai kita, apa kita masih ngerasa pantes buat mencintai selain dia? Dengan segala hal yang sudah Allah berikan buat kita, apa kita masih ngerasa pantes buat ninggalin kewajiban-kewajiban kita — yang sebenarnya juga untungnya buat kita?

“Katakanlah: “Kepunyaan siapakah bumi ini, dan semua yang ada padanya, jika kamu mengetahui?” Mereka akan menjawab: “Kepunyaan Allah”. Katakanlah: “Maka apakah kamu tidak ingat?” Katakanlah: “Siapakah Yang Empunya langit yang tujuh dan Yang Empunya ‘Arsy yang besar?” Mereka akan menjawab: “Kepunyaan Allah”. Katakanlah: “Maka apakah kamu tidak bertakwa?” Katakanlah: “Siapakah yang di tangan-Nya berada kekuasaan atas segala sesuatu sedang Dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)-Nya, jika kamu mengetahui?” Mereka akan menjawab: “Kepunyaan Allah”. Katakanlah: “(Kalau demikian), maka dari jalan manakah kamu ditipu?”,Sebenarnya Kami telah membawa kebenaran kepada mereka, dan sesungguhnya mereka benar-benar orang-orang yang berdusta.” (QS. 23 : 84-90).

Dan apa kita masih ngerasa ga bersalah dengan selalu memikirkan dan mengingat si dia (baca : lawan jenis), lantas kita melupakan Allah?

.

Udah deh, pokoknya ga banget deh buat kita mencintai selain Allah. Kalo suka ama si dia sih wajar aja, asal jangan kelewatan. Cinta itu kan anugrah. Dan Allah itu tau apa yang pantes buat kita nanti. Ya gak?

.

Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).” (QS. 2 : 165)

.

Ayo mulai sekarang kita tekadkan dalam diri kita untuk selalu mencintai Allah di atas segala-galanya. Ga bakalan rugi deh! Dan selalu ingat kepada-Nya.

.

Wallahu’alam bishawab. 

Semoga Allah melimpahkan ampunan kepada kita semua. Aamiin.

.

.

.

Sumber : buletin Al-Banna Edisi 2 Smandaba

Advertisements

Rezeki Tak Akan Tertukar

✒ Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
.

Rezeki adalah bagian dari takdir ilahi sehingga untuk memahaminya harus memahami takdir dengan baik.

.
Yang jelas rezeki kita tak pernah tertukar.

.

 

Apa yang kita miliki, itulah yang terbaik untuk kita.

.

Rezeki kita tak pernah tertukar.

.

 

Jika kita mendapatkan kendaraan biasa, tetangga punya lebih baik.

.

 Tetap rezeki kita tak tertukar.

.

Jika kita memiliki rumah sederhana, tetangga memiliki rumah mewah bak istana  Tetap rezeki kita tak tertukar.

.
Rezeki tak mungkin tertukar, Allah pasti membagi rezeki dengan adil.

.
*إِنَّ رَبَّكَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَقْدِرُ إِنَّهُ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيرًا بَصِيرًا*

.
*“Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; Sesungguhnya Dia Maha mengetahui lagi Maha melihat akan hamba-hamba-Nya.”*

(QS. Al Isra’: 30)

.
Ingat pula janji ini …

.
*إِنَّكَ لَنْ تَدَعَ شَيْئاً لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ بَدَّلَكَ اللَّهُ بِهِ مَا هُوَ خَيْرٌ لَكَ مِنْهُ*

.
*“Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik.”* 

(HR. Ahmad 5: 363. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Syaikh Salim bin ‘Ied Al Hilali berkata bahwa sanad hadits ini shahih)

.

Harus terus yakin dan percaya Semoga rezeki kita penuh berkah.

.

.

.

Sumber : WAG

7 Sunnah Nabi

​by Ust. Arifin Ilham :

.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.. 

.

Cerdasnya orang yg beriman adalah, dia yg mampu mengolah hidupnya yg sesaat & yg sekejap untuk hidup yg panjang.. Hidup bukan untuk hidup, tetapi hidup untuk Yang Maha Hidup. Hidup bukan untuk mati, tapi mati itulah untuk hidup.
Kita jangan takut mati, jangan mencari mati, jangan lupakan mati, tapi rindukan mati. Karena, mati adalah pintu berjumpa dengan Allah SWT. Mati bukanlah akhir cerita dalam hidup, tapi mati adalah awal cerita sebenarnya, maka sambutlah kematian dengan penuh ketakwaan.

.

Hendaknya kita selalu menjaga tujuh sunnah Nabi setiap hari. Ketujuh sunnah Nabi SAW itu adalah:

.

.

●Pertama, 

Tahajjud karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada tahajjudnya.

.

●Kedua, 

Membaca Al-Qur’an sebelum terbit matahari. Alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia, sebaiknya mata membaca Al-Qur’an terlebih dahulu dengan penuh pemahaman.

.

●Ketiga, 

Jangan tinggalkan masjid terutama di waktu subuh. Sebelum melangkah kemana pun langkahkan kaki ke masjid, karena masjid merupakan pusat keberkahan, bukan karena panggilan muadzin tetapi panggilan Allah yg memanggil orang beriman untuk memakmurkan masjid Allah.

.

●Keempat, 

Jaga Shalat Dhuha karena kunci rezeki terletak pada shalat dhuha

.

●Kelima, 

Jaga sedekah setiap hari. Allah menyukai orang yg suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yg bersedekah setiap hari.

.

●Keenam

Jaga wudhu terus menerus karena Allah menyayangi hamba yg berwudhu.

.

Khalifah Ali bin Abi Thalib berkata, “Orang yg selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu shalat walau ia sedang tidak shalat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, “ampuni dosa dan sayangi dia Ya Allah”.

.

●Ketujuh, 

Amalkan istighfar setiap saat.

Dengan istighfar masalah yg terjadi karena dosa kita akan dijauhkan oleh Allah.         

.
*Tiga doa yang janganlah kau lupakan dalam sujud*

.
*1. Mintalah diwafatkan dalam keadaan husnul khotimah :*

Allahumma inni as’aluka husnal khotimah

Artinya : ” Ya Allah aku meminta kepada-MU husnul khotimah ”

.
*2. Mintalah agar kita diberikan kesempatan Taubat sebelum wafat :*

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut

Artinya: ” Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat ”

.
*3. Mintalah agar hati kita ditetapkan di atas Agamanya :*

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘ala diinika

Artinya: ” Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-MU ”

.
Kemudian saya sampaikan, jika kau sebarkan perkataan ini, & kau berniat baik maka kami doakan menjadikan kemudahan urusan urusanmu di dunia & akhirat.

.

Lakukanlah kebaikan walau sekecil apapun itu, karena tidaklah kau ketahui amal kebaikan apakah yang dapat menghantarkanmu ke syurga
Kirim ini semampumu dan seikhlasmu kepada sesama Muslim, sampaikanlah walau hanya pada 1 org..

.
*SYETAN TERUS BISIKIN >=)*

*”UDAAAAHLAAH,, GAK USAH DI SEBARIN*, gak penting kok, BUANG2 WAKTU aja, gak akan dibaca kok…

.
*SEKECIL* apapun amal ibadah, Allah SWT menghargainya PULUHAN kali lipat…

.

Smga kita semua termasuk dlm golongan org² yang bertaqwa,, aamiin… tolong baca sebentar aja Kita dzikir sebentar ingat اَللّهُ … 

.
*”Subhanallah, Walhamdulillah WalailaHa ilallah Allahu-Akbar wa la haula wala quwata illa billahil aliyil adzim”*

.
Sebarkanlah… Insha Allah kita akan membuat beribu-ribu manusia berzikir kepada Allah SWT

.
 آمِّيْنَ آمِّيْنَ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِين

.

.

.

Sumber : WAG

DETEKSI KESOMBONGAN

Seorang pria yang bertamu di rumah Sang Kyai tertegun keheranan. Dia melihat Sang Kyai sedang sibuk bekerja sendiri menyikat lantai rumahnya sampai bersih.

.
Pria itu bertanya:

“Apa yang sedang Anda lakukan Pak Kyai ?”.

.
Pak Kyai menjawab:

“Tadi saya kedatangan tamu yang meminta nasehat. Saya berikan banyak nasehat yang bermanfaat. Namun, setelah tamu itu pulang saya merasa jadi orang Hebat. Kesombongan saya mulai muncul. Oleh karena itu, saya lakukan PEKERJAAN INI untuk membunuh perasaan SOMBONG.”

.
SOMBONG adalah PENYAKIT yang sering menghinggapi kita semua. Siapa saja dan apapun statusnya; orang awam atau ustadz/ulama, bisa dihinggapi oleh penyakit sombong. 

.

Bahkan di kalangan PENDAKWAH, benih-benihnya kerap muncul tanpa kita sadari. 

.
*Ditingkat ke-1 :*

SOMBONG disebabkan oleh FAKTOR MATERI, di mana kita merasa :

~ Lebih kaya,

~ Lebih berkuasa,

~ Lebih tinggi jabatan,

~ Lebih rupawan, &

~ Lebih terhormat daripada orang lain. 

.
*Ditingkat ke-2 :* 

SOMBONG disebabkan oleh FAKTOR KECERDASAN, kita merasa :

~ Lebih rajin

~ Lebih pintar

~ Lebih kompeten

~ Lebih berpengalaman

~ Leboh berwawasan dibandingkan orang lain. 

.
*Ditingkat ke-3 :*

SOMBONG disebabkan oleh FAKTOR KEBAIKAN, kita sering menganggap diri:

~ Lebih bermoral

~ Lebih pemurah

~ Lebih banyak amalnya

~ Lebih bersemangat berjuang dan beribadah

~ Lebih banyak kontribusinya untuk umat.

~ Lebih besar dari orang lain berdasarkan apa yang sudah dicapai, seraya meremehkan orang lain dengan menganggapnya orang kecil.

~ Lebih tulus dibandingkan dengan orang lain.

.
Yang menarik…., Semakin Tinggi tingkat KESOMBONGAN kita, semakin sulit pula kita mendeteksinya.

.
SOMBONG karena MATERI mudah terlihat. 

Namun, SOMBONG karena PENGETAHUAN, apalagi SOMBONG KEBAIKAN, SULIT TERDETEKSI. Karena, seringkali hanya berbentuk benih-benih halus di dalam batin kita.

.
*Cobalah setiap hari,* kita _*INTROSPEKSI*_ diri kita. 

.
Kadang kita butuh orang lain untuk mengintrospeksi diri, kita butuh kritikan dan masukan orang lain. 

.
Sadarilah… bahwa setiap hal yang baik & yang bisa kita lakukan hendaklah kita banyak-banyak bersyukur pada NYA. 

.

Karena, semua itu adalah _”ANUGERAH ALLAH SWT”_
KESOMBONGAN hanya akan membawa kita pada KEJATUHAN yang mendalam.

.
Tetaplah BERSABAR dan RENDAH HATI. 

.

Terkadang orang yang kita hadapi ternyata lebih hebat dari kita di mata Allah SWT.. 

.

Semoga manfaat dan 

Semoga kita termasuk dalam orang-orang yang terhindar dari kesombongan dan termasuk dalam orang-orang yang bersabar memperoleh petunjuk dan keridhoan Allah SWT….

.
Aamiin yaa robbal ‘aalamiin..

.

.

.

Sumber : WAG

Jika Rizki…

​🌿🌼 Renungan Pagi 🌼🌿

.
Jika rizki karena kerja keras, seharusnya orang paling kaya kuli bangunan.

 .

Jika rizki karena banyak waktu kerja, seharusnya warung- warung kopi 24 jam bisa mengalahkan restoran-restoran yang punya nama.

.
Jika rizki karena kepintaran. Seharusnya dosen dosen yang bergelar panjang menjadi orang orang kaya.

.
Jika rizki karena jabatan. Seharusnya para presiden dan raja berada di urutan terdepan dari 100 orang terkaya di dunia.. .

.
Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan menunjukkan kepadanya jalan keluar dari kesusahan, dan diberikanNya rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka, dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya.” (Q.S. At-Talaq : [65] 2-3) 

.
*Rizki itu karena kasih sayang Allah*

.
Mengejar rizki bukan mengejar jumlahnya tapi kejarlah berkahnya.”

(Ali bin Abi Thalib)

.

.

Sumber : WAG

Jika Rizki…

​🌿🌼 Renungan Pagi 🌼🌿

.
Jika rizki karena kerja keras, seharusnya orang paling kaya kuli bangunan.

 .

Jika rizki karena banyak waktu kerja, seharusnya warung- warung kopi 24 jam bisa mengalahkan restoran-restoran yang punya nama.

.
Jika rizki karena kepintaran. Seharusnya dosen dosen yang bergelar panjang menjadi orang orang kaya.

.
Jika rizki karena jabatan. Seharusnya para presiden dan raja berada di urutan terdepan dari 100 orang terkaya di dunia.. .

.
Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan menunjukkan kepadanya jalan keluar dari kesusahan, dan diberikanNya rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka, dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya.” (Q.S. At-Talaq : [65] 2-3) 

.
*Rizki itu karena kasih sayang Allah*

.
Mengejar rizki bukan mengejar jumlahnya tapi kejarlah berkahnya.”

(Ali bin Abi Thalib)

.

.

Sumber : WAG

Surat Cinta untuk Perempuan

​🦋🌻🦋🌻🦋🌻🦋🌻🦋🌻🦋
🇮🇩 *INDONESIA BERTAUBAT* 🇮🇩
🗓 Ahad, 29 Oktober 2017

🗒  9 Shafar 1439 H

🛎 No. 634 D/IB/PusatTausyiah/I/2017

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

            📚 *Tausiyah Sore* 📚
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
 بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
🦋🌻🦋🌻🦋🌻🦋🌻

➰➰➰➰➰➰➰➰
*Surat Cinta untuk Perempuan*

 . 

Hari semakin berjalan, peradaban terus bergulir walau berganti generasi. Ada yang bersyukur, namun tak sedikit yang kufur. Langit tetap sama, indah dengan segala gugusan bintang, tanpa tiang dan tak retak sedikit pun, Namun entah kenapa banyak yang menolak kebenaran.

.
Kecerdasan manusia berbeda-beda menangkap pesan yang tertuang dalam rangkaian nasihat yang sarat dengan isyarat, ada yang mudah menangkap, kemudian menerima dengan lapang dada. Namun ada juga yang bebal, tak mempan dengan segala cara, tiada pilihan kecuali berdoa. Itu sudah sangat cukup!

.

Seorang muslimah membutuhkan sosok pahlawan yang bisa menasihati kendati kehadirannya hanya satu orang, ketimbang seribu orang yang membersamai namun selalu membantahnya.

.
Betapa banyak orang yang selalu bersama-sama, namun hati mereka bercerai berai dan betapa banyak orang yang terpisah, namun hati selalu bersatu padu, kokoh dan seirama.

.
Hidup dan mati seorang muslimah teramat mulia, kesulitan yang menghimpit dan kesedihan duniawi tidak pantas membuatnya bersedih hati. Belajar untuk terus bersabar dari sejarah para Nabi;

Nuh yang dihinakan kaumnya,

Ibrahim yang tertolak dakwahnya dan terusir oleh ayahnya,

Yakub yang dipisahkan dari anak kesayangan dan buyar penglihatannya,

Musa dan Bani Israel yang hampir tersusul Firaun beserta bala tentaranya,

Ayyub yang hidup dalam derita dan dijauhi keluarganya,

Yunus yang pernah hidup dalam perut ikan di kegelapan dan dalamnya lautan,

Dan Muhammad beserta kaum muslimin yang terkepung dalam perang parit dengan jumlah armada musuh yang lebih dahsyat.

.

Ketika mereka sudah hampir pada titik keputusasaan hingga berkata;

.

_“Di manakah dan kapan datang pertolongan Allah?”_.

.

Pada saat itu mereka sebenarnya telah mendapat petunjuk Allah Taala. karena tiada pertolongan selain dari Allah semata. Tiada jalan keluar selain pintu dariNya dan inilah karunia terbesar bagi seorang hamba berupa hidayah. Maka katakan saja beberapa kalimat indah berikut:

.

1. _“Innii dzaahibun ilaa Robbi sayahdin”_ yang berarti “Sesungguhnya aku pergi menghadap kepada Tuhanku, dan Dia akan memberi petunjuk kepadaku.”

2. _“Inna ma’iya Robbi sayahdin”_ yang berarti “Sesungguhnya Tuhanku besertaku, kelak Dia akan memberi petunjuk kepadaku.”

3. _“Innii Muhaajirun ilaa Robbii, innahu Huwa Al-Aziz Al Hakim”_  yang berarti “Sesungguhnya aku akan berpindah ke (tempat yang diperintahkan) Tuhanku (kepadaku); Sesungguhnya Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

.

Dalam kondisi sulit seperti ini, maka seorang hamba berhak dihilangkan dari kesedihan dan kesulitannya, karena pintu-pintu langit sejatinya telah terbuka untuknya dengan cucuran rahmat dan keberkahan dari Allah semata. Maka berbahagialah!

.
Ketahuilah! Jika landasan hidup seorang muslimah karena Allah Ta’ala. Maka semua masalah seberat dan sehebat apapun akan terasa ringan dan mudah tanpa perlu frustasi, menyalahkan orang, takdir apalagi sampai gila hingga gantung diri.

.

Berbahagialah dalam melewati hari-hari, karena tiada yang membuat seorang hamba lebih berbahagia melainkan bertemu dengan hari Jum’at penuh berkah dan waktu-waktu mustajab, kemudian menanti Jum’at berikutnya hingga akhirnya berjumpa dengan bulan Ramadhan penuh kemuliaan.

.
Puncaknya ia diperkenankan melihat Rabbnya, berkumpul dengan para Nabi, orang-orang shaleh yang dicintai dari kalangan kerabat maupun sahabat. Saling berhadapan berbagi keceriaan dan cerita, tiada cela sedikit pun dengan karunia yang tidak akan pernah putus. Ya Rabbanaa wa lakal hamdu.

.

*Duhai sebaik-baik perhiasan dunia!*

.

Ketahuilah! Dalam sejarah orang-orang baik cenderung sering menjadi korban dan berumur pendek, adapun yang kurang baik terkadang memiliki segalanya dan berumur panjang. Generasi setelahnya harus pandai mengambil pelajaran. Idealnya bisa berumur panjang dan banyak tabungan amal shalehnya.

.

Rata-rata umur manusia sekarang hanya setengah abad, kita sudah terasa lama hadir menghiasi bumi yang sudah tua renta, sisanya bisa kita hitung masing-masing. Di antara kita berbeda dalam menyikapi masalah duniawi.

.

Ada yang sibuk dan terlena dengan perkara dunia, kemudian bersedih karenanya.

Ada yang terus mencari jati diri, selalu dibuat galau karenanya

Ada yang tidak khawatir dan tidak pula bersedih , karena perkara dunia sangatlah mudah, yang sulit adalah perkara akhirat.

.

Mari belajar dari para Nabi, mereka sudah pasti selamat di akherat kelak, itulah makna ayat di akhir surat Ash shaffat; _“wa salaamun ala al mursaliin wal hamdulillaahi Robbil ‘aalamiin” yang berarti “Dan Kesejahteraan dilimpahkan atas Para rasul. dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”_

.

Kemudian tanyakan pada diri sambil bercermin, bagaimana dengan kondisi saya, anda dan kita semua, sungguh tiada yang menjamin, karena sebagian besar manusia kelak tidak akan selamat pada hari persidangan dan diputuskan amal perkara dengan seadil-adilnya.

.

Jika kita merasa sempurna, kaya, hebat, kuat, pintar, sukses dan alim kemudian berbangga dan menyombongkan diri. Ingat! di luar sana masih banyak orang yang lebih hebat dari kita namun mereka tetap berlaku sederhana, jujur, taat dan tak suka berbuat sembarang apalagi menyakiti hati orang. Jika saja semua peka, pastilah tiada kezaliman dan yang dizalimi tiada guna membalas, karena semua akan berbayar. Bukankah Allah Ta’ala Maha Adil.

.

Duhai sebaik-baik perhiasan dunia!

.

Ketahuilah! Integritas, keilmuan dan kualitas keimanan seseorang bisa diketahui ketika ia dalam perantauan, bepergian dan sedang bersendirian. Saat itu masing-masing sudah menyadari kapasitasnya. Adapun di zaman kebingungan dan media sosial terlalu banyak kepura-puraan, orang-orang bodoh cenderung ingin tampil bak dewa, ia begitu sempurna padahal sedang mengigau. Alamak!

.

*Menjadi seorang muslimah bukan sebatas lebel dan tak sekedar pengakuan, apalagi pencitraan, lebih dari itu ada beberapa hal yang patut disematkan;*

Berakhlak seperti ajaran Al Quran,

Kokoh keimanan dan keislaman

Semangat dalam ketaatan

Hidup dengan kebaktian dan pengabdian

Cinta ilmu pengetahuan,

Besar pemaafan,

Kuat kesabaran,

Gemar kebajikan,

Menolak segala Jenis kerusakan dan kemunduran,

Menyegerakan ampunan

Dan benar ketulusan.

Duhai sebaik-baik perhiasan dunia!

.

Tidakkah tanda-tanda kebesaran Allah Taala sudah banyak diperlihatkan, penciptaan manusia sampai jagat raya. Maka tiada alasan bagi kita semua untuk tidak beriman secara utuh, ambil pelajaran, kemudian berubah menjadi sebenar-benar muslimah.

.

Adapun para pembantah, mereka selalu sibuk bermain, bersenda gurau dan terus mencari hiburan hingga ajal menjemput. Alangkah sayang!

.

_“Maka biarkanlah mereka hingga mereka menemui hari (yang dijanjikan kepada) mereka yang pada hari itu mereka dibinasakan (yaitu) hari ketika tidak berguna bagi mereka sedikit pun tipu daya mereka dan mereka tidak ditolong.”_  *(Ath-Thuur: 45-46)*

.

Dalam Taurat, Zabur, Injil hingga Alquran telah disebutkan bahwa kejayaan umat di muka bumi secara khusus akan diwariskan untuk hamba-hamba Allah Taala yang bertaqwa.

.

_“Dan sungguh telah Kami tulis di dalam Zabur[[1]] sesudah (Kami tulis dalam) Lauh Mahfuzh, bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hamba-Ku yang saleh. Sesungguhnya (apa yang disebutkan) dalam (surat) ini, benar-benar menjadi peringatan bagi kaum yang menyembah (Allah).”_ *(Al-Anbiyaa: 105-106)*

.

Cukup sudah kita membicarakan masalah populer yang penuh kegaduhan nan membosankan, gemerlap kehidupan, gaya hidup para pesohor hingga kesenangan duniawi yang bersifat fana, menipu layaknya permainan atau pertandingan olahraga. Mau sampai kapan?
*Duhai sebaik-baik perhiasan dunia!*

Anda adalah pilihan Tuhan

Terlalu banyak karunia yang diberikan

Anda dipersiapkan menjadi madrasah peradaban

Pemenuh kebutuhan jasmani dan rohani tatkala lapar

Penawar dan perawat tatkala sakit

Luapan keceriaan tatkala gembira

Tempat berkeluh kesah kala bersedih

Pembela, pelindung sekaligus penasehat terbaik

Pengingat tatkala lalai

Pemecah keheningan tatkala sunyi dan sepi

Penawar rindu dalam dekapan kehangatan

Tetap tulus bermunajat hingga menembus langit tatkala terpisah

Perhatian yang tak terputus tatkala terasing bahkan terzhalimi

Pengasih tak terbilang tatkala sempit

Pintu keberkahan dari pintu-pintu langit

Dan surga berada di telapak kaki Anda

.

*Duhai sebaik-baik perhiasan dunia!*

Adakah kita melihat keajaiban yang bisa menandingi itu semua? Adakah?

Adakah sebuah kebaikan melebihi itu semua? Adakah?

Adakah yang bisa menggantikan posisi dan peran Anda secara utuh? Adakah?

Sekali-kali tidak, Anda tidak akan pernah menemukannya.

Sungguh! Betapa mulia engkau ditakdirkan menjadi rumah peradaban

Yaitu rumah bagi mereka yang selalu merindukan kasih sayang, pelukan, dan perhatian secara khusus dari Anda

Maka bertakwalah kepada Allah Taala.

.

Duhai sebaik-baik perhiasan dunia!

.

Ada sedikit kisah, kala itu ada seorang pemuda menangis tersedu-sedu mengiringi kepergian jenazah ibunda tercintanya ke liang lahat.

.

_“Kenapa begitu bersedih? Bukankah Anda orang berilmu?”_ Tanya pelayat dengan nada heran.

.

_“Bagaimana saya tidak menangisi kepergian seseorang yang surgaku ada padanya” _Jawab pemuda secara singkat

.

Duhai sebaik-baik perhiasan dunia!

.

Bukankah Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda; “Ibu, ibu, ibu, kemudian bapak”

.

Dan tahukah Anda? Betapa mudahnya mengartikan kata “Selamat tinggal”, namun siapa yang bisa memahami ucapan “Selamat tinggal duhai ibu”

.

*Duhai sebaik-baik perhiasan dunia!*

Manusia yang berbahagia bukanlah:

Mereka yang hidup tanpa beban

Tanpa air mata

Tanpa keluh kesah

Tanpa ujian

Tanpa keletihan

Tanpa rasa sakit

Tanpa derita

Tanpa kesedihan

Tanpa kesulitan

Tanpa kepiluan

Tanpa kepedihan

Tanpa tekanan

Tanpa kegelisahan

Tanpa kebuntuan

Tanpa terluka

Bahkan tanpa penindasan dan kesewenang-wenangan

.

*Ketahuilah! Bahwa manusia paling berbahagia di dunia ialah*

Mereka yang senantiasa beriman

Bertasbih siang dan malam

Senang bersujud

Pandai mengagungkan dan memuliakan

Tetap beribadah sampai ajal menjemput

Memohon pertolongan,

Meminta perlindungan,

Mengadukan segala keluh kesah,

Senang bertawakal,

Terus bersabar

Tegar menjalani kehidupan

Bersyukur atas segala limpahan karunia

Konsisten dalam beramal kebajikan

Memohon ampun dan menyegarakan bertobat

Dan menyerahkan segala urusan

Hanya kepada Yang Maha Mendengar, Maha Melihat dan Maha memperkenankan doa-doa

Yaitu Ar-Rahman, Dialah Allah Taala yang Maha Pemurah.

.

“Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan.” (An-Nisaa: 125)

.

Teriring salam dan doa di akhir untaian nasihat, Semoga Allah Taala senantiasa memberikan kebahagiaan dan merahmati para perempuan yang kelak akan menjadi penaung dan rumah peradaban bagi keluarga serta keturunan mereka. Ya Robbana.

.

[1]. Yang dimaksud dengan Zabur di sini ialah seluruh kitab yang diturunkan Allah kepada nabi-nabi-Nya. Sebagian ahli tafsir mengartikan dengan kitab yang diturunkan kepada Nabi Daud. dengan demikian Adz Dzikr artinya adalah kitab Taurat.

.
Penulis: Guntara Nugraha Adiana Poetra, Lc. MA.

🦋🌻🦋🌻🦋🌻🦋🌻🦋🌻🦋
Sumber : WAG